Aplikasi Bertemakan Muslim Untuk Smartphone Android dan iOS

Ada banyak Aplikasi Muslim di App Store maupun Playstore, namun manakah yang paling baik?

Di Era modern ini kita selalu terpaku dengan smartphone. Bisa dikatakan hal yang paling banyak kita sentuh dan gunakan adalah smartphone. Namun sebagai Muslim, kita memiliki beberapa kewajiban yang harus dilaksanakan, dan sunnah yang akan lebih baik apabila dilaksanakan. Seharusnya, dengan adanya smartphone, alat tersebut dapat membantu kita menjalankan kewajiban dan sunnah kita sebagai Muslim.

Photo by Rachid Oucharia on Unsplash

Smartphone kita sudah sangat canggih, dalam ukuran yang kecil kita sudah bisa melakukan berbagai banyak hal. Begitu juga dengan kegiatan yang sudah diwajibkan bagi kita seorang Muslim.

Kali ini saya ingin berbagi ulasan kepada teman teman sekalian, terkait beberapa aplikasi bertemakan muslim yang dapat membantu kita menjalan kewajiban dan sunnah kita. Aplikasi yang ada disini saya coba unduh dan jalankan di perangkat iOS 14.2, namun seharusnya aplikasi yang ada disini juga ada di perangkat Android.

Al Quran Indonesia

Tampilan awal aplikasi Al-Quran

Sesuai namanya, aplikasi berfokus kepada pembacaan Al-Quran. Bisa dilihat dari fitur membacanya yang sangat banyak diantaranya adalah:

  1. Tajwid Berwarna
  2. Dapat memutar suara ayat Al-Quran
  3. Penanda terakhir dibaca
  4. Penanda khusus ayat tertentu
Tampilan fitur membaca Al-Quran

Selain membaca Al-Quran, aplikasi ini juga memiliki fitur pengingat waktu sholat dan arah kiblat. Pengingat waktu sholat akan memberikan kita notifikasi (apabila diizinkan) berupa bunyi biasa, atau suara Takbir (di versi iOS).

Pengingat waktu sholat dan penunjuk kiblat

Fitur unik yang dimiliki dari aplikasi ini adalah, kita dapat mencari penggalan ayat Al Quran berdasarkan keyword yang kita masukkan. Fitur pencarian ini dapat berjalan apabila kata kunci yang kita masukkan tepat ada di suatu ayat dalam Al Quran.

Fitur pencarian ayat berdasarkan kata kunci

Secara keseluruhan, aplikasi ini sangat simpel dan berfungsi dengan baik sesuai dengan judulnya. Aplikasi ini dapat diunduh gratis, namun akan memberikan sedikit iklan. Untuk menghilangkan iklan di aplikasi ini, cukup membayar sekali sejumlah Rp. 16.000.

Dengan fitur yang ada dan harga yang murah, membuat aplikasi ini layak diinstal di smartphone kita. Al Quran Indonesia dapat diunduh di App Store (https://apps.apple.com/id/app/al-quran-indonesia/id1475973021) dan Playstore (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andi.alquran.id&hl=en&gl=US)

Athan: Prayer Times & Al Quran

Aplikasi yang menduduki peringkat 11 di kategori edukasi pada App Store ini memiliki banyak fitur. Berikut adalah penjelasan beberapa fitur yang ada di aplikasi ini.

Membaca Al Quran

Pada aplikasi ini kita juga dapat membaca Al Quran. Fitur yang disediakan pada saat kita membacanya juga cukup beragam, seperti terjemahan, mengganti warna latar (backgroound) dan secara otomatis menandai ayat yang terakhir kita baca.

Tampilan membaca Al Quran

Community

Komunitas juga menjadi sorotan di aplikasi ini. Kita dapat memilih beberapa topik yang ingin kita ikuti dan kita dapat langsung melihat serta memulai diskusi di halaman ini. Namun sayangnya dilihat dari bahasa yang ada, fitur ini tidak ditujukan khusus untuk Indonesia.

Fitur komunitas

Doa dan Dzikir

Kita juga dapat membaca kumpulan doa di aplikasi ini. Doa-doa yang ada sudah dikategorikan berdasarkan kegiatan atau benda yang berkaitan dengan doa tersebut.

Fitur doa dan dzikir

Jadwal Sholat dan Kiblat

Terdapat fitur yang standar untuk jadwal sholat dan kiblat. Kita dapat mengaktifkan notifikasi bawaan smartphone atau suara Adzan untuk pengingat sholat. Penunjuk arah kiblat juga berfungsi dengan baik.

Fitur waktu sholat dan arah kiblat

Konversi Tanggal dan Kalender Islami

Berbicara dengan tanggal, kita sering bingung membandingkan tanggal masehi dengan hijriah, atau kapan tepatnya tanggal-tanggal penting dalam Islam terjadi. Di aplikasi ini, kedua masalah di atas dapat diselesaikan dengan mudah.

Fitur konversi tanggal dan kalender islami

Panduan Haji dan Umroh

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa panduan terkait haji dan umroh. Namun lagi-lagi sayangnya fitur ini tidak ditargetkan untuk Indonesia, karena bahasa yang digunakan.

Fitur panduan haji dan umroh

Secara keseluruhan aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur, namun tidak semua fitur yang ada memiliki Bahasa Indonesia. Selain kendala bahasa, semua fitur yang ada berjalan lancar dan akan sangat berguna bagi kita.

Aplikasi ini memiliki beberapa paket pembayaran yang akan membuat penggunaan aplikasi ini menjadi lebih mudah, yaitu:

  • No Ads Rp. 65.000
  • Fitur tambahan Adzan Rp. 16.000
  • Fitur tambahan Al Quran Rp. 16.000

Athan dapat diunduh di App Store (https://apps.apple.com/id/app/athan-prayer-times-al-quran/id505858403) dan Playstore (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.athan&hl=en&gl=US)

Sajda: Prayer times, Quran

Tampilan awal Sajda

Sajda memiliki tampilan yang sangat simple dan elegan. Ada 2 fitur yang dapat kita gunakan di aplikasi ini, jadwal sholat beserta kiblatnya dan membaca Al Quran.

Jadwal Sholat dan Kiblat

Kita tidak perlu repot-repot masuk ke menu lain untuk mengetahui jadwal sholat, karena fitur ini akan langsung terpampang di halaman utama. Suara notifikasi waktu sholat juga dapat diubah menjadi suara Adzan atau bunyi standard smartphone kita.

Fitur arah kiblat

Untuk mengetahui arah kiblat, kita cukup menekan gambar kompas yang ada di pojok kiri bawah tampilan utama. Kompas yang berfungsi dengan baik akan tampil dengan latar yang sama dengan halaman utama.

Membaca Al Quran

Fitur membaca Al Quran Sajda

Membaca Al Quran di Sajda juga memberikan kesan yang baik, karena desain yang diberikan sangatlah clean. Beberapa fitur diberikan ketika kita membaca Al Quran, seperti menandai ayat, menjadikan ayat sebagai favorit, dan menambahkan catatan pada ayat tertentu. Selain itu kita juga dapat mengganti warna template dari halaman membaca Al Quran ini.

Secara keseluruhan, nilai plus dari aplikasi ini adalah tampilannya yang begitu cantik, clean dan simple. Namun karena hal itu, pengguna awal akan sedikit kebingungan dengan bagaimana cara mengakses suatu fitur, karena teks penunjuk fitur digantikan dengan gambar khusus. Selain tampilannya, nilai plus dari aplikasi ini adalah harganya, yaitu benar-benar gratis tanpa iklan.

Aplikasi ini dapat diunduh di App Store (https://apps.apple.com/id/app/sajda-prayer-times-quran/id517254891) dan Playstore (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.raimbekov.android.sajde&hl=en&gl=US)

umma — Daily Muslim Content

Tampilan awal aplikasi Umma

Banyak sekali teman-teman saya yang merekomendasikan aplikasi ini. Terdapat 3 fitur utama yang disediakan Umma, yaitu sosial media, jadwal sholat dan membaca Al Quran.

Sosial Media

Umma sangat menonjolkan fitur ini. Ketika kita membuka aplikasi ini, halaman awalnya akan langsung menunjukkan timeline tentang apa yang sudah kita follow, mulai dari orang sampai sumber berita.

Fitur sosial media Umma

Kita dapat ikut memperbaharui timeline dengan mengupload foto, pertanyaan, video hingga melakukan live streaming. Namun tentu saja, untuk melakukan hal di atas kita perlu mendaftar atau login ke aplikasi Umma.

Jadwal Sholat

Tampilan jadwal sholat Umma

Fitur wajib ini juga ditampilkan dengan baik di aplikasi Umma. Salah satu favorit saya adalah kita tidak perlu mengakses menu lain untuk melihat arah kiblat. Suara notifikasi pengingat sholat juga dapat kita ubah dari suara bawaan menjadi Adzan.

Membaca Al Quran

Tampilan membaca Al Quran Umma

Selain fitur standard seperti terjemahan dan memainkan ayat Al Quran, Umma memberikan fitur Discover yang mana dapat memudahkan kita mencari ayat Al Quran berdasarkan pengelompokan yang sudah mereka lakukan. Terdapat juga fitur Quran Quotes yang menampilkan foto hasil unggahan orang lain terkait dengan kutipan ayat Al Quran.

Secara keseluruhan Umma dengan baik menampilkan semua fiturnya. Fitur sosial media yang ada ditunjukan khusus ke Indonesia, sehingga akan lebih relevan. Tampilan aplikasi yang cukup simple dan modern akan memanjakan mata kita ketika menggunakan aplikasi ini. Umma dapat diunduh secara gratis di App Store (https://apps.apple.com/id/app/sajda-prayer-times-quran/id517254891) maupun Playstore (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.muslim.android&hl=en&gl=US).

Sekian beberapa review aplikasi yang sudah saya coba berdasarkan rekomendasi teman-teman. Apabila kalian ada rekomendasi lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Tech geek, coder.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store